top of page

Apa Itu Mirroring?

Seiring bertambahnya waktu, gadget sebagai smart mobile terus meningkatkan kemampuannya. Saat ini hampir semua gadget dilengkapi kemampuan untuk berbagi tampilan atau screen mirroring. Adanya teknologi ini menambah fungsi dari gadget selain sebagai alat komunikasi.

Screen Mirroring adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan Anda untuk mengganti media atau mentransmisikannya - yang diputar di perangkat Android , Windows, atau Apple ke perangkat yang lebih besar. Biasanya perangkat yang lebih besar ini dapat berupa TV atau proyektor. Tampilan dari screen mirroring ini real time atau dapat disebut sama antara tampilan di layar monitor gadget dengan layar proyektor atau TV. Keuntungan menggunakan teknologi screen mirroring adalah gambar pada layar gadget Anda disajikan dengan tampilan yang lebih besar.

Adanya teknologi screen mirroring ini tentunya membantu para pekerja atau siswa yang ingin melakukan presentasi, tetapi tidak mempunyai laptop. Selain itu, kelebihan lainnya adalah fleksibilitasnya yang mengungguli laptop karena screen mirroring hanya memerlukan gadget atau handphone dan proyektor. Di sisi lain, dengan screen mirroring ini juga sangat menguntungkan sebagai sarana hiburan misalnya nobar (nonton bareng), main game, hingga karaoke.

Sementara itu, cara menggunakan screen mirroring terdapat dua kategori sebagai berikut:


1. Wireless

Pastikan sinyal Wifi yang tersedia stabil

Pastikan juga gadget memiliki sistem mirroring atau aplikasi yang mendukung sistem mirroring dan/atau miracast

Proyektor atau TV yang dilengkapi sistem mirroring (build in)

  • Langkah pertama aktifkan proyektor/TV yang akan digunakan.

  • Kemudian aktifkan aplikasi screen mirroring pada gadget supaya bisa menangkap sinyal dari TV/proyektor

  • Jika gadget berhasil menangkap sinyal dari TV/proyektor, maka akan muncul ID dari sinyal tersebut.

  • Setelah memilih ID, maka TV/Projector akan meminta konfirmasi untuk menerima Sinyal Gadget. Kemudian proses pairing berjalan.

  • Jika kedua perangkat sudah terhubung,

  • Bila kedua perangkat telah saling ter shake hand anda akan melihat tampilan pada gadget akan muncul di TV/Projector.

2. Menggunakan Alat Bantuan

Jika proyektor atau TV belum memiliki sistem mirroring, maka perlu menggunakan alat tambahan. Alat tersebut adalah anycast/dongle. Selain itu, setidaknya proyektor/TV harus memiliki port HDMI.

  • Langkah pertama yaitu memasang dongle/anycast HDMI ke port HDMI TV/Projector. Dongle/anycast HDMI tersebut akan mengaktifkan fungsi Screen Mirroring di TV/proyektor ditandai dengan munculnya fungsi Miracast on/off.

  • Kemudian aktifkan

  • Kemudian aktifkan wifi dan Screen Mirroring pada gadget. Menu Screen Mirroring ini bisa ditemukan di pengaturan pada gadget. Pada masing-masing merk gadget biasanya nama Screen Mirroring berbeda-beda. (Contoh, Smartview pada Samsung, Pencerminan Layar pada Vivo, dll.)

  • Jika gadget tidak memiliki sistem mirroring, maka dianjurkan untuk mengunduh aplikasi bantuan seperti Miracast.

  • Saat gadget berhasil menangkap sinyal dari TV/proyektor, akan muncul ID pada layar gadget yang sesuai dengan layar TV/proyektor.

  • Setelah memilih ID, maka proses pairing berjalan.

  • Jika sudah selesai, tampilan pada gadget akan muncul pada TV/proyektor.

Cukup mudah bukan menggunakan screen mirroring? Teknologi ini bisa kamu temukan di semua tipe proyektor dari Pusat Proyektor Indonesia. Dapatkan harga dan promo menarik lainnya dengan klik link di bawah ini! proyektor.co.id/shop


9 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page