top of page

Fungsi HDMI Pada Proyektor

Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang pesat. Salah satunya adalah kabel HDMI yang merupakan konektor yang sering kita jumpai. Contohnya saja ketika menggunakan proyektor. Tidak hanya itu, saat ini juga banyak perangkat yang mendukung HDMI. Menurut situs web Forum HDMI, HDMI merupakan cara paling populer untuk mengirimkan audio dan video yang tidak terkompresi antara sumber dan penerima atau tampilan. Apalagi hal ini didukung oleh 1.700 produsen yang telah menjual perangkat yang mendukung HDMI. Namun, tahukah kamu apa itu HDMI?


HDMI adalah singkatan dari High Definition Multimedia Interface. Sesuai dengan namanya, fungsi HDMI tak lain untuk melewatkan sinyal audio dan video berkualitas tinggi. Kabel HDMI terdiri dari empat pasangan berpilin yang berpelindung ditambah tujuh konduktor terpisah. Teknologi ini digunakan di berbagai perangkat seperti HDTV, proyektor, konsol video game, pemutar Blu-ray, atau receiver. Penggunaan tersebut memungkinkan pengguna dapat menyederhanakan pengaturan mereka dengan hanya menggunakan satu kabel untuk audio dan video tanpa mengorbankan kualitas sinyal perangkat yang dipakai. Bahkan, satu kabel HDMI dapat menggantikan tiga kabel audio/video komposit. Panjang kabel HDMI juga bervariasi. Panjang ini dapat berjalan dari satu hingga 50 kaki. Meskipun begitu, tidak disarankan menggunakan lebih dari 25 kaki karena dapat mengakibatkan penurunan atau hilangnya sinyal. Oleh karena itu, panjang kabel HDMI pada umumnya tidak melebihi 25 kaki.


Jenis-Jenis Kabel HDMI

Kabel HDMI menyajikan kemampuan yang berbeda tergantung kecepatan transfer sinyal (bandwidth) dan versi HDMI yang terkait dengannya. Berikut adalah beberapa jenis kabel HDMI yang terdapat di pasaran.

  • Kabel HDMI Standar: Dirancang untuk resolusi siaran HDTV, kabel, dan TV satelit umum (hingga 720p dan 1080).

  • HDMI Otomotif Standar: Memiliki kemampuan yang sama dengan kabel HDMI standar, tetapi digunakan untuk menghubungkan pemutar DVD portabel atau in-car dan perangkat lain ke tampilan video in-car.

  • HDMI Berkecepatan Tinggi: Dirancang untuk menangani resolusi video 1080p dan 4K (30Hz) serta memberikan dukungan untuk 3D, dan Deep Color.

  • Kabel HDMI Otomotif Berkecepatan Tinggi: Mendukung fitur yang sama seperti kabel HDMI Berkecepatan Tinggi, tetapi dioptimalkan untuk lingkungan otomotif.

  • Kabel HDMI Berkecepatan Tinggi Premium: Dirancang untuk transfer video resolusi 4K / UltraHD yang andal, termasuk 4K / 60 Hz, HDR, dan rentang warna yang diperluas.

  • Kabel HDMI Berkecepatan Ultra Tinggi: Mencakup semua kemampuan yang lain dengan dukungan tambahan untuk video 8K dengan HDR.

  • Kabel HDMI dengan Ethernet Bawaan: Terdapat kabel HDMI Standar, Berkecepatan Tinggi, Berkecepatan Tinggi Premium, dan Berkecepatan Ultra Tinggi yang mendukung Saluran HDMI Ethernet tambahan (HEC).

Konektor HDMI

Bagian lain dari kabel HDMI yang tidak boleh dilupakan adalah konektor. Terdapat lima jenis konektor HDMI yang berbeda. Namun, tiga di antaranya lebih umum digunakan.


  • Tipe A/Standar: Tipe ini banyak dijumpai di berbagai peralatan elektronik audiovisual seperti laptop, TV, konsol video game, dan lainnya. Konektor 'plug' atau 'male' HDMI Tipe A di bagian luar berdimensi 13,9 mm × 4,45 mm, sedangkan konektor 'receptacle' (stopkontak) atau 'female' di bagian dalam berdimensi 14 mm × 4,55 mm. Ada 19 pin, dengan bandwidth untuk membawa semua mode SDTV, EDTV, HDTV, UHD, dan 4K.

  • Tipe C/Mini HDMI: Tipe ini merupakan versi yang lebih kecil dari konektor HDMI Tipe A. Selain itu tipe ini diperuntukan untuk perangkat portabel, seperti kamera DSLR, camcorder, dan tablet. Ukurannya 10,42 mm × 2,42 mm dengan konfigurasi 19-pin yang sama. Konektor Mini Tipe C dapat dihubungkan ke konektor Tipe A menggunakan kabel Tipe-A untuk Tipe C.

  • Tipe D / Micro HDMI: Tipe versi ini adalah versi yang lebih kecil lagi dari konektor Tipe A dan Tipe C. Biasanya tipe ini ditemukan di perangkat yang ringkas dan portabel seperti smartphone. Ukuran konektor Micro HDMI adalah 5,83 mm × 2,20 mm. Meskipun tetap mengandalkan 19 pin standar Tipe A dan C, tetapi penugasan pin berbeda dari keduanya.

Oleh karena fungsinya yang banyak tersebut, proyektor dari Pusat Proyektor Indonesia juga melengkapi teknologinya dengan HDMI. Sehingga kami bisa menghubungkan proyektor ke laptop ataupun TV. Dapatkan proyektor berkualitas dan bergaransi hanya di Pusat Proyektor Indonesia dengan klik link di


2 views0 comments

Комментарии


bottom of page