top of page

Ini Dia Tips Merawat Layar Proyektor Supaya Awet

Tips Merawat Layar Proyektor Supaya Awet

Bagi para pengguna proyektor tentu sudah tidak asing lagi dengan layar proyektor atau screen projector. Alat ini membantu untuk memantulkan dan menjadi titik guna menampilkan gambar yang dihasilkan oleh proyektor. Oleh karena fungsinya untuk memantulkan gambar dari proyektor, maka screen atau layar proyektor harus dirawat dengan baik supaya tampilannya tidak mempengaruhi pantulan proyektor. Apalagi screen atau layar proyektor berwarna putih dan cepat kotor apabila tidak dirawat dengan baik. Berikut ini tips merawat screen atau layar proyektor supaya awet.



1. Bersihkan dari Debu

Screen atau layar proyektor yang berdebu tentu akan mempengaruhi kualitas gambar yang dipantulkan dari proyektor. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan baik secara berkala, sebelum, atau sesudah penggunaan. Selain itu juga usahakan tidak menyentuh layar (screen) secara langsung dengan menggunakan tangan karena bisa jadi tangan anda juga kotor. Jika ingin membersihkannya bisa dengan meniupnya atau gunakan kain lembut yang dibasahi sedikit air. Gosok dengan lembut supaya screen tidak robek dan tetap terjaga. Namun, kondisi ini hanya berlaku pada screen yang tidak terlalu kotor.


2. Gunakan Cairan Screen Clean atau Minyak Kayu Putih

Cairan Screenclean adalah cairan pembersih layar monitor. Cairan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan screen yang kotor. Cukup celupkan kain yang lembut ke air bersih lalu peras sampai kering, kemudian semprotkan cairan pembersih ke bagian yang kotor. Usap perlahan dan lembut. Pastikan mengusap dengan searah agar kotoran tidak melebar dan tidak merusak screen. Langkah ini bisa dilakukan secara berulang untuk hasil yang maksimal.


Selain cairan pembersih, bisa juga gunakan bahan lain untuk membersihkan screen proyektor, yaitu minyak kayu putih. Bahan ini bisa membersihkan kotoran ayau kerak yang menempel di screen. Cara menggunakannya juga sangat mudah sama seperti menggunakan cairan screenclean. Cukup gunakan kain lap dan jangan menekannya terlalu keras. Lakukan dengan yang lembut untuk membersihkannya dengan tetesan air minyak kayu putih terlebih dahulu lalu usap perlahan. Selanjutnya lap dengan kain yang sedikit basah dan barulah lap dengan kain kering. Lakukan hal ini secara berulang- ulang agar menghasilkan pembersihan yang maksimal.


3. Perawatan Secara Menyeluruh

Perawatan lainnya yang bisa dilakukan dengan selalu mengecek baut-baut yang ada di screen. Ini untuk mengantisipasi jika ada baut yang kendur atau kerusakan pada per besinya. Selain itu, hal lainnya yang harus diperhatikan adalah tempat penyimpanan atau ruangan penyimpanan screen. Hindari sinar matahari secara langsung dan air untuk mencegah kerusakan pada screen.


Dengan demikian, screen atau layar proyektor menjadi terjaga dan minim kerusakan sehingga dapat digunakan dengan baik. Dapatkan layar proyektor berkualitas hanya di Pusat Proyektor Indonesia. Screen atau layar proyektor di sini sudah dilengkapi dengan tas sehingga membuat layar jadi terjaga. Klik link untuk harga dan promo menarik lainnya! http://proyektor.co.id/shop

1 view0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page