top of page

Jenis-jenis Resolusi pada Proyektor yang Wajib Diketahui


Jenis-jenis Resolusi pada Proyektor yang Wajib Diketahui
Jenis-jenis Resolusi pada Proyektor yang Wajib Diketahui

Jenis-jenis Resolusi pada Proyektor yang Wajib Diketahui - Terdapat beberapa komponen yang ada di dalam teknologi proyektor sehingga memiliki kegunaan serta fungsinya di setiap fitur utama proyektor tersebut. Dalam penggunaan proyektor untuk membantu kegiatan anda, maka ada baiknya perhatikan beberapa hal tentang jenis-jenis resolusi di proyektor yang kalian miliki terlebih dahulu agar nantinya kamu dapat memaksimalkan penggunaannya.


Apa itu resolusi pada proyektor?


Resolution / Resolusi adalah Banyaknya titik atau pixel ( Picture element ) yg membentuk suatu gambar. Semakin tinggi Resolusi, maka gambar akan semakin halus dan detail. Banyaknya titik / pixel ( Picture element ) yg membentuk suatu gambar. Semakin tinggi Resolusi, maka gambar akan semakin halus dan detail.


Semakin baik resolusi memang akan menghasilkan gambar yang semakin baik juga. Namun berkaitan dengan resolusi, tidak semua aplikasi membutuhkan resolusi yang tinggi. Ada baiknya jika pemilihan resolusi disesuaikan dengan kebutuhan. Sebab biar bagaimanapun, semakin tinggi resolusi sebuah proyektor, harga proyektor tersebut pun akan semakin mahal.Biasanya, resolusi pada proyektor diwakilkan dengan sebutan-sebutan seperti SVGA, XGA, SXGA, dan UXGA.


SVGA


Yang dimaksud dengan SVGA adalah proyektor memiliki resolusi 800×600 pixel. Resolusi ini sangat cocok untuk digunakan keperluan presentasi sederhana. Yang dimaksud dengan presentasi sederhana adalah presentasi-presentasi yang tidak menampakkan gambargambar yang kompleks hanya seputar teks, grafik, dan diagram biasa saja.


XGA


Nilai resolusi pada proyektor XGA adalah 1024×768 pixel. Gambar yang dihasilkan oleh proyektor XGA lebih jernih dibandingkan proyektor dengan resolusi SVGA, sehingga penggunaannya dapat lebih luas. Projector XGA dapat digunakan untuk melakukan presentasi yang lebih banyak menggunakan warna dibanding presentasi dengan SVGA.


SXGA


Bila ada presentasi yang sangat kompleks, banyak menampilkan tidak hanya grafik dan diagram saja, melainkan gambar-gambar desain seperti gambar teknik atau iklan, maka sebaiknya presenter menggunakan proyektor dengan resolusi SXGA.


Proyektor dikatakan memiliki resolusi SXGA berarti proyektor tersebut memiliki resolusi sebesar 1280×1024 pixel. Proyektor dengan resolusi tinggi ini juga cocok untuk digunakan sebagai layar pada home entertainment Anda. Karena untuk menonton sebuah film memang dibutuhkan resolusi yang tinggi. Lagipula harga sebuah TV projector lebih murah dibandingkan TV biasa dengan ukuran yang sama. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bila Anda menggunakan proyektor ini untuk di rumah sebagai pengganti TV.


UXGA


Proyektor dengan resolusi UXGA sampai saat ini masih sangat mahal dan jarang. Proyektor beresolusi 1600×1200 pixel ini lebih cocok digunakan oleh para profesional yang bergerak di bidang imaging untuk melakukan presentasi. Atau bagi Anda yang memang memiliki dana berlebih untuk home entertaiment.


QXGA


Sampai saat ini, proyektor yang memiliki resolusi QXGA masih sangat jarang. Salah satunya adalah proyektor yang diproduksi oleh JVC. Proyektor tersebut menggunakan sistem LCOS dengan sebuah chip yang dinamakan D-ILA. Yang dimaksud dengan resolusi QXGA adalah proyektor beresolusi 2048×1536 pixel. Hampir tujuh kali lebih besar dari SVGA.


Note: Tambahan untuk informasi dari jenis macam resolusi pada proyektor yakni ada HD 720p ( 1366 x 1024 pixels ) = 1.049.088 pixels = 1 Mega Pixels, Full HD ( 1920 x 1080 pixels ) = 2.073.000 pixels = 2 Mega Pixles, WUXGA ( 1920 x 1200 pixels ) = 2.304.000 pixels = 2.3 Mega Pixels.


41 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page