top of page

Kebanyakan Melihat Layar Gadget, Kadang Membuat Matamu Lelah? Berikut Cara Menjaga Kesehatan Matamu

Mata adalah jendela dunia sekaligus organ vital karena fungsinya sebagai penglihatan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan mata supaya fungsinya tidak berkurang atau rusak. Namun, tidak dapat dipungkiri di zaman yang serba canggih ini gadget telah menjadi kebutuhan setiap orang. Sehingga mau tak mau mata jadi lebih sering menatap layar gadget. Kondisi ini jelas berbahaya dan dapat menyebabkan mata lelah jika terlalu sering menatap gadget. Beberapa gejala ketika mata lelah, yaitu:

  • Sakit kepala

  • Mata terasa kering

  • Mata berair

  • Penglihatan kabur

  • Penglihatan ganda

  • Nyeri leher, bahu, dan punggung

  • Sulit membuka mata



Jika beberapa gejala di atas sudah terasa, sebaiknya mengistirahatkan mata sejenak dari menatap gadget. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah mata lelah dan menyeimbangkan kebiasaan menatap gadget. Simak ulasannya berikut ini.


Metode 20-20-20

Metode ini terbukti efektif mencegah mata lelah karena gadget. Selain itu, metode ini juga mudah untuk dipraktekkan. Setiap penggunaan gadget selama 20 menit, Istirahatkan mata selama 20 detik. Lalu alihkan pandangan dari layar gadget ke objek sekitar yang berjarak 20 kaki atau 6 meter. Jarak ini tidak perlu diukur. Cukup amati objek yang berada jauh dari tempat sendiri. Selama 20 detik mengistirahatkan mata, lakukan juga gerakan lain, seperti bangun dari tempat duduk, menggerakkan leher, atau berpindah sejenak. Sementara itu, istirahat setiap penggunaan gadget selama 20 menit dipilih karena biasanya pada waktu ini mata mulai lelah, misalnya mata mulai terasa kering.


Kedipkan Mata

Manusia berkedip selama lima belas kali di tiap menitnya. Namun, saat melihat gadget mata menjadi lebih fokus pada objek yang dilihat sehingga jumlah kedipan mata berkurang. Jumlah ini bahkan bisa berkurang hingga setengah atau tiga kali lipat. Kondisi ini menyebabkan mata kering dan tegang karena terlalu lama menatap gadget tanpa banyak berkedip. Jika kondisi ini dibiarkan, maka yang terjadi adalah sakit kepala. Oleh karena itu, istirahatkan mata beberapa kali selama menggunakan gadget dan tetap berkedip untuk mencegah mata lelah sekaligus mengurangi ketegangan pada mata.


Jaga jarak pandang mata ke gadget

Banyak orang yang tidak sadar terlalu dekat melihat pada gadget saat sudah keasyikan menggunakannya. Apalagi jika itu dalam posisi yang kurang ideal seperti saat sedang tiduran dan kecerahan gadget yang terlalu terang atau gelap. Hal ini tentu dapat membuat mata lelah. Oleh karena itu, disarankan memosisikan gadget pada jarak 60 cm atau sekitar panjang lengan dengan posisi layar sedikit di bawah pandangan mata.



Alternatif lainnya untuk menjaga jarak pandang pada gadget tetap aman yaitu dengan beralih menggunakan proyektor. Tampilan yang lebih besar dan kecerahan yang pas akan membuat penglihatan jadi lebih nyaman. Selain itu, teknologi proyektor yang dapat terkoneksi dengan gadget membuat kamu jadi tetap terhubung dengan kontek atau tontonan favorit kamu. Dapatkan proyektor berkualitas dan terjangkau hanya di Pusat Proyektor Indonesia. Klik link http://proyektor.co.id/shop untuk promo dan penawaran menarik lainnya!


11 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page