top of page

Ketahui Tips Ini Sebelum Membeli Proyektor

Perkembangan teknologi membuat proyektor menjadi lebih bervariasi. Namun, hal itulah kadang yang membuat bingung saat ingin membeli sesuai kebutuhan. Apalagi bagi orang awam yang minim pengetahuan akan proyektor. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan saat membeli proyektor.


1. Tentukan Teknologi Proyektor

Terdapat tiga teknologi yang ada pada proyektor yaitu LCD, DLP, dan LCoS. Ketiganya tentu memiliki karakteristik yang beda.

Pada proyektor DLP (Digital Light Processing), teknologinya menggunakan jutaan kaca-kaca kecil untuk memproyeksikan sebuah gambar. Hasil gambar yang dihasilkan DLP memiliki kualitas yang sangat baik, akurasi warna dan kontras yang tinggi, serta penggunaan daya yang rendah. Sehingga teknologi ini sangat cocok digunakan pada home theater. Sementara LCD (Liquid Crystal Displays) memiliki tingkat kecerahan, resolusi, dan aspek rasio yang lebih tinggi dibanding proyektor DLP. Tipe ini jadi pilihan tepat untuk presentasi di kantor, sekolah, kampus, dan sebagainya. Kemudian LCoS (Liquid Crystal on Silicone) merupakan perpaduan antara DLP dan LCD. Teknologi LCoS mampu memproyeksikan gambar dengan sangat terang dan memberikan gambar yang tajam seperti proyektor LCD, serta memberikan akurasi warna dan kontras yang tinggi seperti proyektor DLP.


2. Tentukan Kegunaan Proyektor

Jika sudah mengetahui beberapa jenis teknologi proyektor, kini saatnya kamu menyesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya proyektor DLP lebih cocok untuk home theater, sedangkan proyektor LCD lebih cocok untuk keperluan kantor, sekolah, atau kampus.

Selain itu, kamu juga bisa tentukan berapa besaran brightness (lumens), contrast ratio, aspect ratio, maximum compressed resolution, dan lain-lain yang sesuai dengan kebutuhan tempat yang akan dipasang proyektor tersebut.


3. Ukuran Proyektor

Ukuran proyektor juga bisa jadi pertimbangan saat kamu ingin membeli proyektor. Sesuaikan ukuran proyektor dengan kebutuhan kamu. Misalnya, bagi yang sering melakukan perjalanan bisnis atau nonton bareng di mana saja dan kapan saja, kamu bisa memilih tipe proyektor mini. Selain itu faktor-faktor lainnya juga harus dipertimbangkan seperti ketahanan lampu, kecerahan, konektivitas, dan berbagai fitur lain yang kamu butuhkan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan saat membeli proyektor. Kamu dapat temukan berbagai macam proyektor sesuai kebutuhan hanya di Pusat Proyektor Indonesia. Ada banyak model proyektor yang tersedia mulai dari proyektor mini, proyektor presentasi, hingga proyektor yang cocok untuk outdoor. Klik link untuk harga dan promo menarik lainnya! http://proyektor.co.id/shop


1 view0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page