top of page

Proyektor: Solusi Mudah Kreasikan Seni Mural

Mural merupakan cara menggambar di atas media dinding, tembok, atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya. Biasanya kita sering menjumpai mural dengan gambaran yang unik dan tak jarang terdapat pesan implisit di dalamnya. Mural juga dapat ditemukan di manapun. Misalnya jalanan, sudut kafe, kelas, bahkan kamar. Oleh karena ukurannya yang besar, diperlukan kemampuan menggambar dengan teknik-teknik tertentu supaya gambar yang dihasilkan menjadi lebih ekspresif dan imajinatif. Namun, sekarang tidak perlu lagi bingung ketika ingin membuat mural.

Jika kamu lebih suka mengandalkan teknologi dan tidak memiliki kemampuan menggambar yang bagus, proyektor bisa jadi pilihan tepat untuk membuat mural. Dalam hal ini, proyektor berguna untuk membuat sketsa gambar membuat mural agar ukuran dan komposisinya bisa pas di tembok. Hal yang harus kamu siapkan terlebih dahulu tentunya proyektor. Jika proyektor sudah siap, selanjutnya adalah menyiapkan konsep visual atau gambar yang ingin dibuat dibuat menjadi sketsa mural. Gambar ini nantinya yang akan kamu jiplak. Ada dua cara yang bisa kamu pilih ketika menjiplak gambar untuk membuat mural.



Pertama, kamu bisa mengunduh gambar digital ataupun dari desain yang sudah dibuat sendiri secara digital. Selanjutnya tampilkan gambar atau desain tersebut pada proyektor yang terhubung pada HP atau laptop. Cara kedua yaitu buat salinan fotokopi sebuah foto hitam putih. Lalu pindai salinan dan cetak pada sebuah plastik transparan proyektor. Hasil salinan tersebut bisa kamu tempelkan pada lampu proyektor sehingga cahayanya dapat memantulkan gambar tersebut ke dinding. Pastikan gambar atau desain hanya untuk pembuatan sketsa saja karena jika digunakan saat pewarnaan juga, dikhawatirkan warna yang dihasilkan berbeda karena pantulan warna dari proyektor.


Pastikan juga kondisi dinding yang akan digunakan sebagai media mural dalam keadaan bersih. Selanjutnya atur posisi proyektor pada sebuah meja, posisikan ini berlawanan dengan dinding yang akan menjadi tempat mural. Matikan lampu dan nyalakan proyektor. Perhatikan juga cahaya ruangan jangan terlalu terang supaya pantulan proyektor terlihat jelas. Sekarang tinggal buat sketsa berdasarkan pantulan proyektor tersebut lalu warnai dengan cat setelah selesai.


Kamu bisa gunakan proyektor dari Pusat Proyektor Indonesia untuk membantumu dalam membuat mural. Proyektor yang tersedia sudah pasti bergaransi, gambar yang dihasilkan HD, dan berkualitas. Klik link untuk berbagai harga dan penawaran menarik lainnya! http://proyektor.co.id/shop

33 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page