top of page

Tips Merawat Proyektor

Seperti yang kita ketahui kalau proyektor kini memiliki berbagai kegunaan. Mulai dari presentasi, main game, nobar, hingga jadi background photo shoot. Oleh karena kegunaan yang banyak tersebut, maka tak heran kalau intensitas penggunaannya jadi lebih sering. Penggunaan yang terlalu sering tersebut juga bisa berpengaruh pada kebersihan proyektor. Jika kebersihan proyektor tidak diperhatikan, bisa-bisa berakibat fatal bahkan menyebabkan

kerusakan. Berikut tips merawat proyektor.

1. Beri Jeda Waktu yang Cukup Ketika Ingin Menyalakan Kembali

Proyektor membutuhkan waktu hingga beberapa menit ketika ingin melakukan restart. Oleh karena itu sebaiknya jangan mematikan atau menyalakan proyektor terlalu cepat. Lebih baik beri jeda waktu beberapa saat ketika menyalakan dan mematikan proyektor. Saat sudah mematikan proyektor, jangan langsung mencabut kabelnya karena hal itu bisa merusak komponen proyektor dan berakibat jangka panjang. Setidaknya biarkan kipas pendinginnya mati total baru kemudian cabut kabelnya.

2. Jangan Biarkan Proyektor dalam Suhu Terlalu Panas

Suhu ruangan bisa mempengaruhi kondisi proyektor. Sebaiknya jangan gunakan proyektor di tempat yang terlalu panas, seperti luar ruangan atau terpapar langsung sinar matahari. Simpanlah proyektor dalam tempat yang bersih, kering, dan sejuk. Dengan demikian komponen-komponen yang ada di dalam proyektor bisa terlindungi dan mempunyai umur pakai lebih lama.


3. Jangan Menggeser Proyektor Ketika Sedang Menyala

Usahakan sebisa mungkin agar proyektor yang sedang menyala tidak mengalami getaran atau tidak digeser sama sekali. Hal ini karena bola lampu yang ada di proyektor akan sangat sensitif saat keadaan menyala. Sehingga sedikit saja getaran dapat menyebabkan kerusakan fatal. Jika ingin memindahkan proyektor meskipun sedikit saja, sebaiknya matikan dahulu proyektor lalu pindahkan ke posisi yang diinginkan.

4. Pilih Ruangan Ber-AC

Semua proyektor modern sudah mempunyai sistem pendingin bawaan yang cukup bagus. Namun, jika ingin memakainya dalam waktu yang sangat lama, sebaiknya nyalakan AC. Hal ini berguna membantu mendinginkan mesin proyektor komponennya tidak akan mengalami overheat.

5. Rajin Membersihkan Filter Proyektor

Membersihkan filter proyektor dapat memperpanjang umum pemakaian. Hal ini akan mengurangi debu yang masuk dalam proyektor. Selain itu juga mencegah kerusakan komponen proyektor akibat debu.

Sebaiknya bersihkan proyektor pada saat akan digunakan. Saat proyektor menyala, filter akan menyaring debu agar tidak mengenai komponen-komponen penting yang dapat merusak proyektor. Apabila filter tidak rajin dibersihkan, maka proyektor lambat laun akan penuh dengan debu. Hal ini dapat memperpendek umur pakai proyektor dan cepat panas ketika digunakan.

Itu tadi beberapa tips merawat proyektor. Namun, selain cara perawatannya, pastikan juga proyektor yang dimiliki bergaransi. Tujuannya tak lain supaya ketika proyektor mengalami kerusakan dapat teratasi dengan baik dan benar. Seperti proyektor dari Pusat Proyektor Indonesia yang memiliki garansi hingga jaminan tukar baru. Dapat harga dan promo menarik lainnya dengan klik link di bawah ini!




8 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page