top of page

Tips Nonton Nyaman Pakai Bioskop Proyektor di Rumah




Punya bioskop pribadi di rumah tentu jadi impian setiap orang. Selain tidak menguras kantong, tentunya tidak perlu repot-repot keluar rumah hanya untuk menonton bioskop. Apalagi saat ini sudah ada teknologi proyektor yang bisa mewujudkan impian kamu untuk punya bioskop sendiri ri rumah. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat bioskop pribadi di rumah. Berikut tips nonton nyaman pakai bioskop proyektor di rumah.

1. Perhatikan jarak ideal proyektor ke layar

Menggunakan proyektor tentu memerlukan media polos untuk memproyeksikan gambar. Jika dinding/tembok sudah berwarna putih polos tentunya tidak perlu khawatir lagi. Namun, lain halnya jika tidak memiliki media polos untuk memproyeksikan gambar proyektor. Sehingga perlu bantuan layar proyektor. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya perlu menghitung jarak ideal proyektor ke layar. Dengan demikian posisi layar berada di titik terbaik sekaligus membantu menemukan ukuran layar proyektor yang tepat. Selain itu, keuntungan lainnya adalah gambar yang keluar akan lebih baik. Settingan zoom in dan zoom out juga akan jauh lebih mudah karena tingkat blur gambar menjadi jauh lebih minim.

Ada dua cara menghitung jarak proyektor ke layar

  • Rumus Throw Ratio X 3 Meter

Jarak ideal ini bisa digitung dengan rumus Throw Ratio x 3 meter. Throw ratio adalah perbandingan antara jarak tembak terdekat dan terjauh dari lebar layar. Sebagai contoh, proyektor dengan throw ratio 1,7 maka jarak ideal proyektor ke layar adalah 5,1 meter. Ini merupakan hasil dari 1,7 x 3 meter.

Namun, perlu anda ingat bahwa toleransi jarak ideal proyektor ini cukup besar. Anda bisa menempatkannya pada jarak 4 meter, atau bahkan 6 meter. Kemudian anda bisa mengatur tampilan proyektor yang buram dengan lensa fokus.

  • Menyesuaikan Jarak dengan Lebar Layar

Jarak proyektor ke layar juga bisa anda hitung dengan mengkalikan throw width atau throw ratio dengan lebar layar. Contohnya adalah proyektor dengan throw ratio 1,7 jika ingin ditembak ke layar dengan lebar 2,5 meter, maka jarak ideal proyektor dengan layar adalah 4,25 meter.

Lalu bagaimana cara menghitung lebar layar yang ideal? Caranya adalah dengan menggunakan rumus (jarak proyektor dengan layar saat ini) / (throw ratio). Sebagai contoh, jika throw ratio adalah 2,0 dan jarak proyektor dengan layar adalah 5 meter, maka lebar ideal layar proyektor adalah 2,5 meter (hasil dari 5 meter / 2).


2. Perhatikan jarak terbaik dari kursi ke layar untuk ukuran layar proyektor yang berbeda

Ketika membuat bioskop di rumah dengan proyektor, perlu dipertimbangkan juga jarak terbaik dari tempat duduk ke layar supaya menonton jadi lebih nyaman. Berikut ini referensi jarak terbaik dari tempat duduk ke layar.





Itu tadi beberapa tips nonton nyaman pakai bioskop proyektor di rumah. Pastikan juga proyektor yang digunakan berkualitas dan bergaransi supaya kegiatan nontonmu semakin menyenangkan dan menenangkan. Temukan proyektor favoritmu hanya di Pusat Proyektor Indonesia. Klik link untuk harga dan promo menarik lainnya! http://proyektor.co.id/shop

3 views0 comments

Comments


bottom of page